ARTIKEL KERUSAKAN HUTAN | Aneh Tapi Nyata

kerusakan hutanMemang aneh tapi nyata, hutan yang mempunyai banyak fungsi dan manfaat dirusakan untuk kepentingan sesaat. Kerusakan hutan merajalela terjadi dimana-mana, di hutan produksi, hutan lindung bahkan sampai di areal hutan konservasi. Inilah artikel kerusakan hutan yang perlu dibaca untuk lebih memahami hutan secara utuh. Artikel yang berjudul Kerusakan Hutan Indonesia : Penyebab, dampak dan akibat, yang selalu menjadi top ranking google search engine dalam pencarian kata “Kerusakan Hutan” .

Banjir yang terjadi di beberapa tempat di Indonesia akibat kerusakan hutan. Banjir hanya salah satu akibat dari kerusakan hutan yang berdampak pada lingkungan hidup. Tidak hanya banjir pada musim hujan, bahaya kekeringan terjadi ketika musim kemarau datang.

Bila hutan masih terjaga dengan baik memiliki pohon-pohon yang rimbun, hutan dapat menyerap air ketika hujan datang dan menyimpannya dalam tanah di celah-celah perakaran, kemudian melepaskannya secara perlahan melalui daerah aliran sungai.

Hutan mengontrol fluktuasi debit air pada sungai sehingga pada saat musim hujan tidak meluap dan pada saat musim kemarau tidak kering. Di sini hutan berfungsi sebagai pengatur hidro-orologis bagi kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya. Selain banjir dan kekeringan, masih banyak lagi dampak negatif dari kerusakan hutan. Kerusakan lingkungan hutan seperti ini merupakan kerusakan akibat ulah manusia yang menebang pohon pada daerah hulu sungai bahkan pembukaan hutan yang dikonversi dalam bentuk penggunaan lain.  Baca lebih lanjut >>>

Bila membaca artikel diatas, maka akan mengerti tentang kerusakan hutan. Hutan perlu dijaga agar tidak rusak, sehingga kita bisa mewariskan hutan tersebut kepada anak cucu.